Foto Erna Gunarwanti
 

Kembali

Erna Gunarwanti

Lingkungan

"Buat mengurangi sampah, yang biasa buang ke Bantar Gebang, ayo rame rame kita pilih olah! Kalau bisa, setiap rumah punya tong kompos."

Bekerja sebagai penyuluh pengelolaan sampah organik di Suku Dinas Lingkungan Hidup sejak 2011, membuat Ibu Erna melihat langsung kurangnya kepedulian masyarakat akan pentingnya mengelola sampah. Ibu Erna memutuskan untuk bergerak mengedukasi warga tentang pengolahan sampah. Selain edukasi dasar seperti ajakan membuang sampah, memilah dan menabung sampah, Ibu Erna juga mengajarkan komposting sampah organik. Khususnya, metode mengurai sampah menggunakan magot (larva pengurai sampah organik).

Selain aktif dalam hal penyuluhan sampah dari TK hingga perguruan tinggi, perkantoran dan di RW-RW, Ibu Erna juga aktif mengajak warga untuk menabung sampah agar kebersihan lingkungan dapat tercipta dari setiap sudut. Kegiatan ini dibantu oleh 3 rekan lainnya dan dinas tempatnya bekerja. Perubahan di lingkungan setelah mengolah sampah organik, mulai terlihat. Tanah semakin subur dan lingkungan lebih hijau.

Di sisi lain, ternyata Ibu Erna sering menghadapi penolakan warga. Tidak menyerah, Ibu Erna mengubah strateginya, mengajar komposting di sekolah-sekolah.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: