Bootstrap Themes
Bootstrap Themes
 

Kembali

Hartuti

Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga

“Mimpi saya adalah, kesejahteraan masyarakat di Pulau Sebira ini diperhatikan sebagaimana wilayah lain di Jakarta,” harap Ibu Hj. Hartuti, penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Masyarakat di Pulau Sebira.

Kondisi Pulau Sebira yang tergolong sulit dijangkau pada masa itu, membuat Ibu Hartuti berinisiatif untuk melakukan sesuatu bagi masyarakat sekitar. Saling bahu membahu bersama sang suami, Ibu Hartuti menggerakkan masyarakat agar tumbuh mandiri tanpa harus bersikap pasif dengan mengharapkan bantuan dari pemerintah.

Dari segi perekonomian, Ibu Hartuti menjadikan hasil laut melimpah menjadi kekuatan utama Pulau Sebira. Hal tersebut dikolaborasikan dengan pengetahuan mengenai cara pengolahan serta strategi penjualan. Alhasil, ekonomi warga berjalan lancar dan semakin bertumbuh.

Dari segi pendidikan, Ibu Hartuti mendirikan sejumlah fasilitas, mulai dari PAUD hingga Taman Baca. Dedikasinya ini berbuah manis, ketika anak-anak Pulau Sebira yang terdidik hingga berhasil menuntut ilmu ke bangku kuliah, kembali untuk mengabdi dan membangun pendidikan di pulaunya.

Sedangkan dari segi kesehatan, Ibu Hartuti aktif menggerakkan posyandu untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat Pulau Sebira.

Keberadaan Ibu Hartuti adalah ikon tersendiri bagi Pulau Sebira. Sosoknya yang tulus dan ikhlas membangun kesejahteraan masyarakat di Pulau Sebira, membuatnya dicintai oleh masyarakat pulau tersebut. Hal ini dibuktikan dengan dipercayanya Ibu Hartuti untuk memegang amanah sebagai Ketua RW 03 sejak tahun 1991 hingga saat ini.

Tidak hanya bagi warga sekitar saja, tetapi juga bagi para mahasiswa dan wisatawan yang tengah berkunjung ke Pulau Sebira, Ibu Hartuti memiliki kesan tersendiri dengan sosoknya yang hangat dan penolong.

Keteguhan dan #AksiHidupBaik Ibu Hartuti dalam menggerakkan kesejahteraan di Pulau Sebira menjadikannya mampu menangani kendala jarak serta keterbatasan akses. Meskipun begitu, Ibu Hartuti tak ingin bergerak sendiri. Ia berharap, langkahnya ini bersambut dengan kolaborasi dari pihak lain seperti pemerintah agar kesejahteraan di Pulau Sebira semakin berkembang secara optimal.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: