Bootstrap Themes
Bootstrap Themes
 

Kembali

Iyoh Rochaeni

Bidang Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga

“Bagi saya, bergabung dengan PKK adalah hal menyenangkan dan membuat saya merasa sehat saat menjalani agendanya. Saya ingin, melalui peran saya, hal yang sama dirasakan juga oleh masyarakat,” tutur Ibu Iyoh Rochaeni, penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga di Kecamatan Kebon Jeruk.

Sudah bergabung menjadi anggota PKK sejak tahun 1975, dedikasi dan loyalitas Ibu Iyoh tentunya sudah tak perlu dipertanyakan. Ibu Iyoh menemukan realita bahwa banyak warga sekitar yang masih belum memiliki kesadaran untuk merencanakan membangun keluarga yang sehat dan sejahtera. Oleh sebab itu, Ia kemudian tergerak untuk mengedukasi masyarakat terkait pentingnya program Keluarga Berencana (KB). Upayanya ini pada akhirnya mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat berkat kepiawaiannya untuk mensosialisasikan program KB kepada masyarakat.

Tak kurang dari satu kilometer jalan yang disusuri setiap hari untuk berangkat ke kantor PKK. Selain menyehatkan, jalan kaki menjadi media interaksi Ibu Iyoh dengan warga sekitar sekaligus menyerap berbagai fenomena yang terjadi di lingkungannya.

Ibu Iyoh tak memungkiri bahwa kemajuan zaman menjadi salah satu kendala dalam perjalanannya ini. Keterbatasannya untuk mengoperasikan gawai dan media sosial menimbulkan jarak yang tak bisa dihindari antara Ia dengan generasi penerusnya. Hal ini membuatnya jadi sedikit kesulitan mengajak mereka yang umurnya lebih muda untuk bergabung menjadi kader PKK. Meski begitu, Ia tak lantas menyerah. Baginya, menjadi bermanfaat bagi sekitar sudah menjadi panggilan jiwa. Oleh karenanya, mustahil bagi Ibu Iyoh untuk lantas berhenti begitu saja hanya lantaran diterjang zaman.

Hingga saat ini, Ibu Iyoh masih aktif melakukan #AksiHidupBaik bersama PKK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memberi contoh nyata pada generasi penerusnya. Ia percaya kontribusi sesederhana apa pun akan berguna bagi masyarakat sekitar. Ibu Iyoh berharap, apa yang telah dilakukannya dapat diteruskan oleh generasi selanjutnya.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: