Foto Ika Tri Wilujeng
 

Kembali

Ika Tri Wilujeng

Lingkungan

"Setiap ada ilmu baru dari manapun itu, pasti saya serap. Dengan tujuan semoga ilmunya berkah dan ilmunya bisa dikembangkan."

Mbak Ika adalah sosok pendiri Komunitas Kampung Muara. Datang dari Surabaya ke Jakarta, Mbak Ika tergerak untuk mengubah lingkungan sekitarnya yang kurang terawat dan kondisi warga yang belum sejahtera. Dengan pendekatan ke warga dan sesepuh sekitar, Komunitas Kampung Muara akhirnya terbentuk di tahun 2016 dan aktif melakukan giat berkebun. Hingga saat ini, sudah ratusan orang yang aktif ikut berkebun.

Di masa pandemi ini dia mendirikan Gerakan Ketahanan Pangan. Mbak Ika memberikan pelatihan berkebun (home gardening) untuk warga sekitar. Hasilnya selain bisa memenuhi kebutuhan dapur warga sendiri, juga dijual.

Selain tim berkebun, Mbak Ika juga membentuk tim kuliner yang mengolah bir pletok dan berbagai makanan lain. Ada juga tim kerajinan tangan.

Komunitas yang dikelolanya tetap aktif di masa pandemi. Ia membagikan bibit lele dan biji kangkung untuk diberdayakan warga. Mbak Ika juga menyempatkan diri mengajar warga sekitar belajar membaca Al-Quran.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: