Foto Rahmah Housniati
 

Kembali

Rahmah Housniati

Kesehatan

"Dalam berkomunikasi kita harus memikirkan bukan apa yang disampaikan, tapi bagaimana cara menyampaikannya untuk bisa menggerakkan orang-orang.”

Rachmah Housniati, atau yang lebih dikenal dengan Nia Umar adalah sosok perempuan yang bergelut di dunia laktasi. Nia mengenal dunia laktasi saat kuliah dan magang di Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) dan terlibat dalam acara World Breastfeeding Week.

Meskipun laktasi lekat dengan dunia perempuan, ternyata Nia melihat ibu-ibu di sekitarnya banyak yang tidak paham seluk beluk laktasi. Nia mencoba menerapkan ilmu yang didapatkannya dengan menjadi lactivist. Bersama kawannya dia membuat blog yang kemudian jadi cikal bakal berdirinya AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). AIMI fokus bergerak seputar edukasi ASI.

Nia masih punya mimpi agar Ibu-ibu mendapat cuti lahir 6 bulan. Dirinya juga ingin edukasi lebih luas terutama ke ibu-ibu kelas ekonomi pra sejahtera yang meskipun tinggal di ibu kota, tapi belum mendapat edukasi laktasi.

Salah satu perhatiannya bagi ibu dan anak-anak lain di Jakarta adalah menyediakan kebutuhan ASI dan makanan bayi saat bencana banjir. Ia ingin Jakarta memiliki dapur khusus yang siap menyediakan asupan bagi anak usia dini apabila terjadi bencana, supaya nutrisi anak tetap terjaga.

Narahubung

Ada pertanyaan? E-mail kami di: